Kepala Madrasah dan Raudhatul Athfal di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran ikuti Diklat Teknis Substantif Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah dan RA


Kakanwil : Kamad, Komponen Pendidikan yang Berpengaruh Meningkatkan Kinerja Madrasah

Pendidikan Islam05/10/2020Sinta Kustiani Dibaca : 41 kali

Pesawaran (Humas) - Sebanyak 160 peserta yang terdiri dari Kepala Madrasah dan Raudhatul Athfal di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran ikuti Diklat Teknis Substantif Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah dan RA di Hotel Nusantara Syariah, Bandar Lampung.
 

Diklat yang digagas Forum Kelompok Kerja Madrasah (FKKM) Kabupaten Pesawaran ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, MH., akan dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 5 s.d 9 Oktober 2020.
 

Juanda dalam sambutannya menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran atas pelaksanaan kegiatan. Ia berharap diklat ini dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan kualitas pendidikan madrasah khususnya di Provinsi Lampung dan Kabupaten Pesawaran.
 

Orang nomor satu di Kementerian Agama Provinsi Lampung ini menjelaskan salah satu komponen pendidikan yang berpengaruh dalam meningkatkan kinerja sumber daya manusia khususnya kinerja guru adalah kepala madrasah. Untuk itu, menurutnya, diperlukan kepala madrasah yang mempunyai visi yang jelas dan berorientasi ke masa depan secara kompetensi dan profesional serta bertanggung jawab terhadap madrasah yang dipimpinnya.
 

"Keberhasilan manajemen dalam mencapai tujuan madrasah tergantung kepala madrasah dalam mengelola tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di madrasah." Ujar Juanda.
 

Lebih lanjut, Ia menuntut kepala madrasah untuk berkomitmen dalam memajukan madrasah yang ditunjang dengan akhlakul karimah, yang berkarakter, unggul, berkualitas, sehingga siap berkompetensi dengan sekolah umum lainnya.
 

Selain program Tahfidzul Quran yang sudah menjadi program unggulan pada madrasah di Provinsi Lampung, Juanda juga menginginkan program Tilawatil Quran menjadi program unggulan di madrasah. Dengan harapan di masa yang akan datang, siswa  madrasah menjadi bibit unggul dalam program Tilawatil Quran.
 

Menutup sambutannya, kakanwil mengajak kepala Madrasah di Kabupaten Pesawaran untuk memacu siswa madrasah menciptakan madrasah hebat bermartabat di Kabupaten Pesawaran. (sinta)