Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Zakat Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Lampung, Drs. H. Luqmanul Hakim, MM., beserta tim yang melaksanakan monitoring, sinkronisasi dan evaluasi program zakat Tahun 2020 pada BAZNAS Kabupaten Pesawaran


Bidang Penais Zawa Monitoring BAZNAS Pesawaran

Penyelenggara Syariah09/09/2020Sinta Kustiani Dibaca : 56 kali

Pesawaran (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran, diwakili Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran, Saiful Anwar, S.Ag., MH., mendampingi Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Zakat Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Lampung, Drs. H. Luqmanul Hakim, MM., beserta tim yang melaksanakan monitoring, sinkronisasi dan evaluasi program zakat Tahun 2020 pada BAZNAS Kabupaten Pesawaran, Rabu, 9 September 2020.

 

Monitoring oleh Tim Kanwil ini disambut baik oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Pesawaran, H. A. Hamid, SH., MM. Menurut Hamid, selain bertujuan untuk menjalin silaturahmi, semua arah dan kebijakan Kementerian Agama merupakan modal bagi BAZNAS untuk meningkatkan kinerja di masa yang akan datang.

 

Dengan adanya monitoring dapat memotivasi pengurus BAZNAS dalam mengelola zakat, sehingga dengan pengelolaan zakat yang baik kepercayaan masyarakat akan meningkat sehingga penerimaan Zakat, Infaq dan Shadaqah di Kabupaten Pesawaran akan meningkat pula.

 

Lebih lanjut Luqman dalam arahannya menyampaikan bahwa sesuai tugas dan fungsi Kantor Wilayah Kementerian Agama pada bidang Penais Zawa adalah untuk memberdayakan zakat di Propinsi Lampung. Melakukan penyiapan bahan pelaksanaan pelayanan, bimbingan teknis, dan pembinaan di bidang pemberdayaan zakat.

 

Luqman memberikan apresiasi terhadap BAZNAS Kabupaten Pesawaran yang meraih opini sesuai syariah dengan nilai 90,5 di Tahun 2019. Ia berharap BAZNAS Pesawaran dapat terus meningkatkan prestasi.   

 

Sementara Saiful mengatakan monitoring perlu diadakan agar pengelolaan zakat dapat dikontrol dengan baik oleh Bidang Penais Zawa Kemenag selaku leading sector pengelola zakat, untuk berbagi pengetahuan dan informasi terkait pengelolaan zakat.

 

Adapun aspek yang di monitoring, sinkronisasi dan evaluasi yaitu, aspek pengumpulan, aspek pendistribusian, aspek pendayagunaan, aspek kelembagaan dan aspek sarana prasarana.(sinta)