Pengurus BWI perwakilan Kabupaten Pesawaran resmi dikukuhkan oleh ketua BWI perwakilan Provinsi Lampung


BWI Pesawaran Resmi Dikukuhkan

Penyelenggara Syariah02/09/2020Sinta Kustiani Dibaca : 69 kali

Pesawaran (Humas) Pengurus Badan Wakaf Indonesia perwakilan Kabupaten Pesawaran Periode 2019-2022 secara resmi dikukuhkan oleh Ketua BWI perwakilan Provinsi Lampung, Ir. H. Firmansyah, Y. Alfian, MBA., M.Sc., di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran, Rabu 2 September 2020.


Usai dikukuhkan, Ketua BWI perwakilan Kabupaten Pesawaran, Dr. H. Iskandar Syukur, M.A., dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebelum dikukuhkan dan sejak menerima SK dari BWI pusat melalui BWI Provinsi Lampung telah melakukan wakaf tunai yang dimotori oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran yang diikuti oleh seluruh satuan kerja baik itu KUA, Madrasah dan juga siswa madrasah ikut berperan dan berpartisipasi dalam pelaksanaan wakaf tunai.


"Alhamdulillah sebelum adanya Covid-19, telah terkumpul wakaf tunai sebesar 25 juta, 11 juta telah disalurkan melalui BWI Provinsi dan sisanya ada di kas BWI Kabupaten Pesawaran." Terang Iskandar.


Iskandar menjelaskan beberapa program BWI Kabupaten Pesawaran yaitu validasi data aset atau tanah wakaf, pembinaan nazir, pemberdayaan aset wakaf, membangun sinergitas dengan lembaga terkait yakni dengan BWI Provinsi, Pemerintah Daerah, Kementerian Agama, MUI, BPN, Baznas dan Ormas Islam lainnya.


Sementara Ketua BWI Provinsi Lampung dalam sambutannya menyatakan bahwa wakaf merupakan solusi. 


"Wakaf merupakan solusi bagi kita yang masih hidup dan juga solusi bagi yang sudah meninggal dunia, solusi pula bagi orang yang diberikan kelebihan oleh Allah SWT dan juga solusi bagi orang yang diberikan ujian kekurangan oleh Allah SWT. Wakaf merupakan bentuk infak yang paling utama karena merupakan sedekah jariyah." Ujarnya.


Di akhir sambutannya, Ketua BWI Provinsi Lampung berharap kepada pemerintah daerah untuk menggerakkan wakaf tunai tidak hanya di sekolah keagamaan tapi juga sekolah umum serta ASN di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran.


Bupati Pesawaran yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran, Ir. Kesuma Dewangsa, MM, dalam sambutan Bupati yang dibacakannya, menyampaikan bahwa keberadaan BWI Kabupaten Pesawaran memiliki peran yang sangat strategis dalam pemberdayaan wakaf secara produktif.


Bupati meminta para pengurus BWI Kabupaten Pesawaran dapat berhati-hati dan menjaga dengan penuh kesungguhan dalam mengemban amanah sebagai pengurus. Ia berharap wakaf yang tadinya bersikap konsumtif dapat dibuat menjadi wakaf produktif.


Selain acara pengukuhan pengurus BWI perwakilan Kabupaten Pesawaran, pada kesempatan ini secara resmi dilaksanakan launching wakaf tunai oleh Bupati Pesawaran.


Hadir pada acara ini, Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran, Forkopimda Kabupaten Pesawaran, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran, kepala BPN Kabupaten Pesawaran, para pejabat di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran, kepala KUA dan kepala Madrasah, juga pelaku usaha di Kabupaten Pesawaran yang berkesempatan hadir turut berpartisipasi dengan memberikan wakaf tunai terbaiknya untuk kepentingan umat Islam di Kabupaten Pesawaran. (Sinta)