Seksi PHU Kemenag Pesawaran menggelar Sosialisasi Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 Tahun 2020


PHU Pesawaran Sosialisasikan KMA 494 Tahun 2020

Penyelenggara Haji dan Umrah11/06/2020Sinta Kustiani Dibaca : 18 kali

Pesawaran (Inmas) Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran menggelar Sosialisasi Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 Tahun 2020, tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada PenyelenggaraanIbadah Haji tahun 1441H/2020M, serta pendistribuan Buku Manasik Haji, yang dilaksanakan di aula kantor, Kamis, 11 Juni 2020.

 

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran, H. Khuzil Afwa Kahuripan, SH, MH., dalam sambutannya mengatakan bahwa penyelenggaraan ibadah haji di tahun 1441H/2020M dibatalkan, sesuai dengan KMA Nomor 494 Tahun 2020 dan konferensi pers Menteri Agama pada tanggal 2 Juni 2020,.

 

“Kebijakan ini diambil karena pemerintah Indonesia mengutamakan keselamatan jemaah di tengah Pandemi covid-19.” Ujar Khuzil.

 

“Selain terkait keselamatan, kebijakan di ambil karena hingga saat ini pemerintah Arab saudi masih belum membuka akses layanan penyelenggaraan ibadah haji. Padahal persiapan-persiapan sebelum keberangkatan sangat penting bagi jemaah.” Tambahnya.

 

“Terkait pembatalan, setoran pelunasan BIPIH akan disimpan dan dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), tetapi jika ada jemaah yang ingin mengambil setoran pelunasannya, dapat menghubungi kemenag setempat.” Terang Khuzil

 

Selanjutnya Khuzil juga menerangkan terkait keberangkatan Jemaah umroh dan ziarah, Pemerintah Arab Saudi masih memberlakukan penutupan sementara sejak 27 Februari 2020 dan masih berlaku hingga sekarang.

 

Kegiatan yang dilaksanakan selama 1 hari di aula kantor Kemenag Pesawaran ini diikuti oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dan Koordinator Jamaah Mandiri, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19. (sinta)